II.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Dalam mata kuliah ini akan dikaji konsep dasar
tentang filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya. Berikutnya dibahas pula tentang karakteristik
filsafat, ilmu dan pendidikan serta
jalinan fungsional antara ilmu, filsafat dan agama. Selanjutnya dibahas mengenal sistematika,
permasalahan, keragaman pendekatan dan paradigma
(pola pikir) dalam pengkajian dan pengembangan ilmu dan dimensi ontologis, epistomologis dan aksiologis. Selanjutnya dikaji mengenai makna, implikasi dan
implementasi filsafat ilmu sebagai
landasan dalam rangka pengembangan keilmuan dan kependidikan
III.
TUJUAN UMUM
PERKULIAHAN
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan peserta pendidikan memiliki kemampuan:
(1)
Memahami konsep dasar filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya untuk dapat dijadikan landasan
pemikiran, perencanaan dan pengembangan
ilmu dan pendidikan secara akademik dan professional; (2) Mampu
memahami filsafat ilmu untuk mengembangkan diri sebagai ilmuwan maupun sebagai pendidik dengan penggunaan
alternatif metodologi penelitian,
baik pendekatan kuantitatif dan kualitatif maupun perpaduan kedua-duanya dalam konsentrasi bidang
studi yang menjadi minat utamanya; (3) Mampu
menerapkan filsafat ilmu sebagai dasar pemikiran, perencanaan dan pengembangan khususnya landasan keilmuan dan
landasan pendidikan yang dijiwai
nilai-nilai ajaran agama dan nilai-nilai luhur budaya masyarakat Indonesia yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara serta umat manusia dalam pemahaman dan
perkembangan lingkungan dinamika
global.
IV.
POKOK BAHASAN PERKULIAHAN
1. PENGERTIAN FILSAFAT
a. Faktor Pendorong Timbulnya Filsafat
b. Hakekat Filsafat
c. Ciri-ciri Filsafat
d. Objek Filsafat
e. Peranan Filsafat
f. Aliran-aliran Filsafat
g. Cabang-cabang Filsafat
(Pertemuan ke-1 tanggal_________________)
2. PENGERTIAN FILSAFAT ILMU
a.
Arti istilah difinisi ilmu
b.
Hakekat ilmu dalam filsafat
c.
Sumber Ilmu
d.
Pengertian Filsafat Ilmu
e.
Sejarah dan Perkembangan filsafat ilmu
(Pertemuan Ke-2 Tanggal__________________)
3. SUBTANSI FILSAFAT ILMU
a. Kenyataan atau fakta
b. Kebenaran
c. Konfirmasi
d. Logika Inferensi
(Pertemuan Ke-3 Tangga_____________________)
4. LOGIKA INFERENSI
a. Logika
b. Logika Formil Kategorik
c. Logika dengan Paradigma Kualitatif
d. Logika Pragmatik
(Pertemuan ke-4 Tanggal______________________)
5. TELAAH KONTRUKSI TEORI
a. Teori Ilmu
b. Temuan Ilmiah Subtantif Mendasar
c. Konsep dan Definisi
d.
Kontruk
Teori
(Pertemuan
Ke-5 Tanggal____________________)
6. POSITIVISME
a. Positivisme Paradigma IPA
b. Positivisme Linguistik deSaussure
c. Positivisme Fungsional
(Pertemuan ke-6 Tanggal_______________________)
7. DIMENSI KAJIAN FILSAFAT ILMU
a. Dimensi Ontologis
b. Dimensi Epistomologis
c. Dimensi Aksiologis
(Pertemuan ke-7 Tanggal_____________________)
8. UJIAN MID SEMESTER
(Pertemuan ke-8 tanggal_____________________)
9. TEORI KRITIS
a. Teoro Konflik dan Teori Kritis
b. Asumsi Dasar Teori Krisis
c. Ragam Teori Krisis
(Pertemuan ke-9 Tanggal___________________)
10. TEORI NILAI
a. Ciri-ciri Teori Nilai
b. Letak Nilai
c. Alat Kebenaran
d. Cabang Teori Nilai
(Pertemuan ke-10 Tanggal_______________________)
11. POSTMODERNISME
a. Kelahiran Postmodernitas
b. Pencetus Postmodernitas
c. Perkembangan Embrio Konsep Postmodern
d. Alam Postmodernisme Tanpa Titik Pusat
(Pertemuan ke-11 Tanggal____________________)
12. KERAGAMAN POSTMODERNISME
a. Arsitektur Dalam Postmodern
b. Postmodern Dalam Bidang Seni
c. Postmodern Dalam Bidang Teater
d. Postmodern Dalam Tulisan-tulisan Fiksi
(Pertemuan ke-12 Tanggal____________________)
13. AKSIOLOGI ILMU
a.
Arti Aksiologi Ilmu
b.
Hakikat dan makna nilai
c.
Problem Aksiologi
d.
Aspek-aspek dalam Aksiologi
e.
Kegunaan ilmu
(Pertemuan ke-13
Tanggal___________________)
14. KEBENARAN ILMU
a.
Pengertian Kebenaran
b.
Teori Kebenaran
c.
Jenis-jenis Kebenaran
d.
Sifat kebenaran dalam Ilmu
(Pertemuan ke-14
Tanggal___________________)
15. ETIKA DALAM ILMU
a.
Pengertiab Etika
b.
Sumber Etika
c.
Etika dalam pemerolehan ilmu
d. Etika dalam pemanfaatan dan pengembangan ilmu
(Pertemuan ke-15 Tanggal___________________)
16. UJIAN UAS
(Pertemuan ke-16 Tanggal____________________)
V.
METODEVPERKULIAHAN
1.
Ceramah, tanya jawab/dialog-kreatif,
diskusi/lokakarya/seminar
2. Penguasaan
terstruktur: penulisan makalah atau laporan kajian buku.
3. Studi kasus, studi
banding dan laporan kajian serta implementasi atau pengembangan.
VI.
MEDIA PEMBELAJARAN
1. Whiteboard
2. Laptop dan LCD
3. Gambar-gambar
VII.
EVALUASI
1. Akumulasi dan
proporsi kehadiran
2. makalah
3. laporan kajian buku
4. diskusi/seminar
5. ujian tengah semester dan ujian akhir semester
VIII. BUKU SUMBER
1.
Achmad Sanusi,.(1998),
Filsafah Ilmu, Teori Keilmuan, dan Metode Penelitian : Memungut dan Meramu
Mutiara-Mutiara yang Tercecer, Makalah, Bandung: PPS-IKIP Bandung.
2.
Filsafat_Ilmu,
<http://members.tripod.com/aljawad/artikel/filsafat_ilmu.htm”>
3.
Ismaun, (2001), Filsafat
Ilmu, (Diktat Kuliah), Bandung : UPI Bandung.
4.
Jujun S. Suriasumantri, (1982), Filsafah Ilmu : Sebuah
Pengantar Populer, Jakarta: Sinar Harapan.
6.
Noeng Muhadjir,2001.Filsafat Ilmu,Rakesarasin
Yogyakarta
7.
blog.wordpress.com
8.
Makalah Prof.Sudharsono
No comments: