Upaya
Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Menggunakan
Model Pembelajaran make A Match di SD
OLEH
Pintauli
Devega Pangaribuan
ABSTRAK
Di pertemuan I memperoleh
observasi sebesar 47.36% adalah rendah, dipertemuan II diperoleh observasi
sebesar 57.89% adalah sedang, di pertemuan III pada siklus ke dua di
peroleh hasil observasi guru sebesar 70% adalah tinggi dan pada pertemuan ke IV
hasil observasi guru adalah 84.21 % adalah tinggi. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil observasi guru dengan menggunakan
model pembelajaran make a match. Pada siklus II observasi penelitian
telah mengalami perubahan yang tinggi.Hasil pengamatan aktivitas siswa
menunjukkan siswa telah termotivasi melakukan aktivitas-aktivitas yang terdapat
dalam model pembelajaran make a match. Setiap siklus mengalami peningkatan dari
siklus I ke siklus II yaitu pertemuan I 42.03 % dengan jumlah siswa yang
diamati adalah sebanyak 20 orang siswa dengan 20 orang siswa belum di katakan
aktif pada siklus I pertemuan I , pertemuan kedua 44.84 % dengan jumlah siswa
yang diteliti adalah sebanyak 20 siswa dari 20 siswa tersebut terdapat 3 siswa
dikatakan aktif dan 17 siswa dikatakan tidak aktif, pada pertemuan ketiga
meningkat menjadi 61.25 % dengan kriteria cukup dari 20 siswa terdapat 9
siswa yang aktif dan 11 orang siswa dikatakan tidak aktif, dan pada pertemuan
ke empat meningkat kembali menjadi 82.81% dengan criteria baik sekali dari 20
siswa dapat dikatakan seluruh siswa aktif.
No comments: